Mengapa IT Service Management Penting?
Daftar Isi

Apa Itu ITSM?

Mengapa ITSM Penting?

Proses ITSM

ITSM, ITIL, dan DevOps

ITSM

ITIL

DevOps

Memahami IT Service Management (ITSM) menjadi salah satu langkah penting untuk memperbaiki kualitas layanan teknologi informasi dalam organisasi atau perusahaan

Pernahkah kamu mencari informasi yang berkaitan dengan pelayanan teknologi informasi? Jangan kaget jika IT Service Management (ITSM) adalah istilah yang kerap kali kamu temui.

Tapi sudahkah kamu memahami apa yang dimaksud dengannya? Dirangkum dari pelatihan ITSM, yang diselenggarakan secara daring oleh MSI Institute, pada 15-16 Februari 2023, inilah informasi singkat tentang ITSM.

Bertindak sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah Dr. Dede Mulyana selaku CEO Mitratex Konsultan dan Founder ESTIM Software. Beliau memiliki bidang keahlian antara lain IT Governance, IT Strategic Management, IT Service Management, IT Assurance & Audit, Project Management, dan IT Enterprise Architecture.

Redaksi It Works memperkaya liputan tentang ITSM ini dengan mengolah informasi dari berbagai sumber.

Apa Itu ITSM?

“IT Service Management (ITSM) adalah sebuah pendekatan dalam pengelolaan IT berbasis layanan. ITSM mengelola teknologi informasi dengan memastikan ketiga aspek People, Process, dan Technology mampu memberikan nilai kepada bisnis,” jelas Dr. Dede Mulyana.

Framework dan standar yang menjadi acuannya adalah ISO 20001 dan IT Infrastructure Library. Kedua framework pengelolaan layanan IT tersebut banyak diadopsi perusahaan dan organisasi di Indonesia, bahkan di seluruh dunia,” ia menambahkan.

Secara sederhana, IT Service Management atau yang biasa disingkat dengan ITSM adalah sebuah usaha dari tim IT untuk memberikan layanan IT dengan memprioritaskan pelanggan.

Tim IT yang dimaksud biasanya gabungan dari orang-orang yang bertanggung jawab atas desain, penciptaan produk, dan lain-lain.

Dalam bahasa Indonesia, ITSM juga bisa disebut manajemen layanan teknologi informasi.

Layanan IT ini bisa diberikan kepada pelanggan. Akan tetapi, ITSM juga bisa diimplementasikan di dalam perusahaan.

Metode ITSM dapat digunakan dalam layanan pengadaan hardwaresoftware, dan lain-lain.

Dengan memprioritaskan kepada siapa tim IT memberikan layanan, perusahaan tentu akan diuntungkan karena fokus pada customer dan ekspektasi mereka.

ITSM muncul karena sebuah pandangan bahwa teknologi informasi merupakan hal yang sangat berkaitan dengan layanan.

Lantas, apa pentingnya pandangan ini, dan mengapa ITSM bisa menjadi solusinya?

Ilustrasi ITSM
Mengapa ITSM Penting?

Menerapkan metode ini bisa membuat perusahaan memiliki lebih banyak keuntungan. Berbagai alasan mengapa ITSM penting adalah:

  • menyelaraskan tim IT dengan prioritas bisnis
  • menempatkan pelanggan sebagai pengguna di tempat nomor satu
  • memungkinkan kolaborasi di antara berbagai departemen
  • dapat melakukan koordinasi dengan lebih efektif dan efisien
  • meningkatkan kecepatan layanan apabila terjadi masalah IT
Proses ITSM

IT Service Management atau ITSM adalah sebuah proses dengan komponen.

Secara umum, berbagai manajemen yang dilakukan dalam proses ini di antaranya:

  • manajemen masalah, untuk melihat akar penyebab suatu masalah
  • manajemen aset, untuk melihat aset IT yang dimiliki perusahaan atau pelanggan
  • manajemen perubahan, memastikan apakah prosedur yang dilakukan sudah efektif dan efisien, atau masih butuh berbagai penyesuaian agar bisa menjadi lebih baik
  • manajemen insiden, untuk menanggapi dan bersiap-siap apabila terjadi suatu masalah IT
  • manajemen finansial, membuat pelayanan yang biayanya seefisien mungkin
  • dan lain-lain
ITSM, ITIL, dan DevOps

Dalam dunia IT, hal yang serupa tapi tak sama dengan IT service management adalah ITIL dan DevOps.

Memang, ketiganya memiliki berbagai kesamaan. Akan tetapi, perbedaan di antara mereka juga cukup jelas. Agar kita semakin memahaminya, berikut penjelasannya satu per satu.

ITSM

ITSM adalah proses atau usaha dari tim IT untuk memberikan layanan IT.

ITIL

ITIL merupakan singkatan dari IT Infrastructure Library. ITIL merupakan salah satu metode pendekatan ITSM. ITIL merupakan suatu cara, sementara ITSM adalah tujuannya. Sering kali, ITIL dipandang sebagai aturan atau aturan baku untuk ITSM. Padahal, ITIL hanyalah panduan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks yang terjadi dalam tim IT.

DevOps

DevOps memiliki penekanan membuat proses penciptaan produk yang secepat mungkin melalui kolaborasi.

Sering kali, dikatakan ITSM memprioritaskan kualitas, sementara DevOps mendahulukan kecepatan.

Padahal, keduanya dibutuhkan dan bisa saling menopang tim IT. DevOps dan ITSM sama-sama menginginkan kolaborasi dalam tim IT.

Akhirnya, memahami ITSM menjadi salah satu langkah penting untuk memperbaiki kualitas layanan teknologi informasi dalam organisasi atau perusahaan.

BacaMSI Institute Akan Gelar Pelatihan IT Service Management

Sumber: Mengapa IT Service Management Penting?