COBIT sebagai Kerangka Kerja Tata Kelola dan Manajemen I&T

Tata kelola perusahaan harus dipahami dan diimplementasikan dengan lebih luas daripada sekadar interpretasi sempit dari kepatuhan dan risiko. Tata kelola harus mencakup seluruh aspek perusahaan, termasuk tata kelola informasi dan teknologi (I&T), karena I&T memiliki peran yang semakin penting dalam mendukung pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan di era transformasi digital.

Peran COBIT sebagai Kerangka Kerja Tata Kelola I&T:

COBIT® 2019 merupakan kerangka kerja yang telah berkembang selama lebih dari 25 tahun untuk membantu perusahaan dalam memahami, merancang, dan mengimplementasikan tata kelola dan manajemen I&T yang efektif. COBIT memberikan panduan bagi perusahaan dalam memahami perbedaan antara tata kelola dan manajemen serta mengintegrasikan praktik-praktik terbaik dari ilmu pengetahuan.

COBIT Menetapkan Batasan dan Tujuan Tata Kelola dan Manajemen:

COBIT dengan jelas mendefinisikan batasan dan tujuan dari tata kelola dan manajemen. Tata kelola bertanggung jawab untuk menetapkan tujuan perusahaan yang seimbang dan disepakati, serta mengambil keputusan yang strategis. Sementara itu, manajemen bertanggung jawab untuk merencanakan, membangun, menjalankan, dan memantau kegiatan yang mendukung pencapaian tujuan tersebut.

Perbedaan COBIT dengan Kesalahpahaman Umum:

COBIT bukanlah deskripsi lengkap dari seluruh lingkungan TI perusahaan atau kerangka kerja untuk mengatur proses bisnis secara keseluruhan. COBIT juga bukan kerangka kerja teknis untuk mengelola semua teknologi atau untuk membuat keputusan terkait IT secara langsung. Namun, COBIT memberikan panduan dan komponen yang diperlukan untuk mengambil keputusan terkait IT secara tepat.

Peran COBIT 2019 dalam Era Digital yang Cepat Berubah:

COBIT 2019 memiliki peran kunci dalam mendukung implementasi dan tata kelola I&T yang efektif di perusahaan, terutama dalam menghadapi tantangan dan peluang di era transformasi digital yang terus bergerak maju. Dengan menerapkan prinsip-prinsip COBIT 2019, perusahaan dapat meningkatkan kinerja, mengoptimalkan risiko yang terkait dengan penggunaan teknologi, dan memastikan alokasi sumber daya yang tepat untuk mencapai tujuan strategisnya.Kesimpulan:COBIT merupakan panduan yang berharga bagi perusahaan dalam memahami, merancang, dan mengimplementasikan tata kelola dan manajemen I&T yang efektif. COBIT membantu perusahaan untuk lebih siap dan sukses dalam menghadapi tantangan dan peluang di era transformasi digital yang cepat berubah. Dengan memperkuat tata kelola dan manajemen I&T, perusahaan dapat mencapai manfaat dari transformasi digital yang sukses dan meningkatkan daya saingnya di pasar global.


Reference: COBIT® 2019 Framework: Introduction and Methodology.ISBN 978-1-60420-763-7